Rabu, 07 Januari 2009

PEMBELAJARAN TERPADU DALAM IPA SD


Pembelajaran terpadu adalah : “Pembelajaran yang beranjak dari hal-hal konkrit,dan melalui yaitu : yaitu proses mengutak-atik benda-benda konkrit dengan tangannya sambil membangun schemata yang bermakna didalam khasanah pengetahuannya atau merupakan pendekatan yang mencoba menggabungkan antara berbagai bidang kajian IPA dan merupakan praktek pembelajaran yang sesuai dengan tahap-tahap kognitif anak.”

Contoh : “Seorang anak yang sedang bermain pisau,dia tidak akan tahu bahwa pisau adalah benda tajam yang dapat membahayakan dirinya sebelum ia terluka karena terkena benda tajam tersebut,maka akan terbentuk schemata dalam diri anak tersebut bahwa pisau adalah benda tajam yang berbahaya.”

Tujuan pembelajaran IPA terpadu yaitu:

a.Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran

b.Meningkatkan minat dan motivasi

c.Beberapa kompetensi dasar dapat dicapai sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar